Berikut ini merupakan Tugas dari HRD diaantaranya:
Berikut merupakan tugas dan Tanggung Jawab HRD
1. HRD ( Human Resources of Development ) Manager
HRD (Human Resources of Development) Manager ini mempunyai
fungsi dan lingkup pekerjaan yaitu :
a. Bertanggung jawab di dalam pengelolaan
dan pengembangan Sumber Daya Manusia, yaitu dalam
hal perencanaan, pelaksanaan dan
pengawasan kegiatan sumber daya manusia, termasuk pengembangan kualitasnya
dengan berpedoman pada kebijaksanaan dan prosedur yang berlaku di perusahaan.
b. Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang
berkaitan dengan kegiatan-kegiatan pembinaan government & industrial
serta mempunyai kewajiban memelihara dan menjaga citra perusahaan.
Sedangkan uraian tugas dari HRD (Human Resources of
Development) Manager adalah sebagai berikut:
a. Menyusun, merencanakan, mengawasi dan
mengevaluasi anggaran biaya kegiatan secara efektif
dan efisien serta bertanggung jawab terhadap setiap pengeluaran hasil kegiatan
b. Bertanggung jawab terhadap perencanaan,
pengawasan dan melaksanakan evaluasi terhadap jumlah
tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.
c. Melaksanakan seleksi, promosi,
transfering, demosi terhadap karyawan yang dianggap perlu.
d. Melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan,
pelatihan dan kegiatan lain yang
berhubungan
dengan pengembangan mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan sesuain dengan standard
perusahaan.
e. Bertanggung jawab terhadap kegiatan yang
berhubungan dengan rekapitulasi absensi
karyawan,perhitungan gaji,
tunjangan dan bonus.
2. HRD ( Human Resources of Development ) Recruitment
Tugas Pokok dan Tanggung Jawab:
a. Bertanggung jawab dalam membantu dan
melaporkan kepada HRD (Human Resources Of Development) Manager dalam bidang hiring
& firing tenaga kerja.
b. Menyusun prosedur seleksi recruitment
karyawan baru.
c. Melakukan koordinasi ke departemen lain
untuk mengumpulkan rencana permintaan karyawan setiap
tahun dan membuat status data karyawan dan turnover setiap bulan dari masing-masing divisi.
d. Memasang iklan lowongan kerja, melakukan
sortir lamaran, melakukan tes psikologi dan interview awal untuk mendapatkan
calon karyawan yang sesuai.
e. Merekomendasikan kandidat berdasarkan
hasil tes psikologi dan interview awal, serta mengatur jadwal
interview lanjutan (user, hrd, presdir), agar proses rekrutmen dapat berjalan dengan baik sesuai rencana.
f. Menyiapkan perjanjian kerja dan kontrak
kerja karyawan serta mengupdate masa berlakunya
kontrak kerja.
g. Menginput data karyawan dan ke sistem
agar semua terdata dengan baik
h. Membuat laporan rekapitulasi mutasi,
promosi dan status karyawan (tambahan anak, menikah, berhenti).
3. General Affair Supervisor
Tugas Pokok dan Tanggung Jawab:
a. Mendukung seluruh kegiatan operasional
kantor dengan melakukan proses pengadaan seluruh peralatan
kebutuhan kerja (seperti; ATK, komputer, meja/kursi kerja, AC, dst), maupun sarana atau
fasilitas penunjang lain (seperti; kendaraan operasional, office boy, satpam, operator
telpon, dst.) dengan cepat, akurat/berkualitas serta sesuai dengan anggaran yang ditentukan.
b. Melakukan analisa kebutuhan anggaran atas
pengadaan dan pemeliharaan seluruh fasilitas dan sarana penunjang
aktivitas kantor untuk kemudian diajukan kepada bagian keuangan dan manajemen perusahaan
untuk dianggarkan dan disetujui. Melakukan aktivitas pemeliharaan
atas seluruh fasilitas dan sarana penunjang, serta melakukan proses penggantian
atas fasiltias/sarana penunjang yang rusak.
c. Membina hubungan dengan para vendor atau
supplier barang dan jasa fasilitas/prasarana kantor serta membantu
dalam menangani komplain atas vendor/supplier termasuk tindak lanjut atas penanganan
nota pembayaran/invoice maupun kontrak kerja dengan pihak terkait.
d. Membuat, menjalankan dan mengembangkan
sistem kerja/prosedur atas pengadaan dan pemeliharaan fasilitas
penunjang kerja.
e. Melakukan survei tingkat kepuasaan atas
pelayanan yang diberikan kepada seluruh karyawan/unit
dalam perusahaan untuk tujuan peningkatan kualitas/mutu, ketepatan dan kecepatan pelayanan yang
diberikan.
f. Menyiapkan laporan bulanan untuk
keperluan rapat anggaran, laporan keuangan atas aset dan beban biaya kantor.
4. Non Material Warehouse Staff
Tugas Pokok dan Tanggung jawab:
a. Melakukan kontrol stock barang-barang
keperluan kantor, seperti ATK, Alat Kebersihan, dsb.
b. Bertangung jawab atas keluar masuknya
barang- barang keperluan perusahaan, seperti ATK, Alat Kebersihan,
dan barang-barang yang dibutuhkan baik untuk keperluan dalam maupun luar kantor.
5. Compensation and Benefit Supervisor
Tugas Pokok dan Tanggung jawab:
a. Menganalisis dan mengembangkan sistem
remunerasi di perusahaan sebagai rekomendasi
untuk meningkatkan motivasi karyawan dan mendukung pencapaian target
kinerja perusahaan.
b. Memaintain dan memverifikasi data /
pencatatan kehadiran pekerja, Surat Perintah Kerja Lembur, shift, cuti,
training, dinas dan medical sehingga dapat dipakai sebagai dasar yang benar
dalam membayarkan kompensasi dan benefit (salary, allowance, incentive, iuran pensiun/asuransi)
c. Melakukan proses payroll berdasarkan data
yang benar sehingga pembayaran gaji dapat dilakukan dengan jumlah
yang benar dan tepat waktu
d. Memverifikasi expense report yang
diajukan pekerja atas perjalanan dinas, cuti, medical, training, sehingga
pembayaran dapat dilakukan dengan jumlah yang benar
e. Memproses administrasi perjalanan dinas
didalam dan diluar negeri (reservation, advance, formalitas), sehingga
perjalanan dapat dilakukan dengan tepat waktu dan lancar.
f. Memaintain fasilitas perusahaan
(perumahan, kendaraan, telepon, komputer) sesuai dengan policy dalam rangka
program retensi dan peningkatan produktivitas pekerja
g. Menyelenggarakan administrasi pensiun /
asuransi / pajak dan pengakhiran pekerja sesuai
dengan ketentuan, agar setiap proses pembayaran dilaksanakan dengan
benar & tepat waktu.
6. Payroll Staff
Uraian tugas :
a. Melakukan proses pengambilan cuti tahunan
dan mempersiapkan laporan-laporannya.
b. Melakukan proses pengambilan “Day Off
Payment”, tukar “Day Off” dan tukar shift
karyawan.
c. Melakukan perhitungan “meal coupon”
karyawan.
d. Membantu HRD (Human Resources of
Development) Administrator dalam pengarsipan dan pembuatan surat-surat.
7. Welfare Staff
a. Mengajukan dana untuk penggantian obat
rawat jalan setiap 2 kali seminggu, bagi karyawan yang telah menyampaikan resep pengobatan dari
dokter.
b. Membuat laporan dana iuran Pensiun /
astek setiap bulan.
c. Memeriksa dan mendata ijin sakit
karyawan.
d. Mengurus administrasi ke asuransi / rumah
sakit.
8. Trainning Supervisor
a. Melakukan proses trainning new comer.
b. Melakukan proses trainning motivasi
kepada seluruh karyawan setiap 1 tahun sekali.
c. Melakukan proses trainning sesuai dengan
masing-masing departemen.
d. Menyiapkan segala administrasi yang
berhubungan dengan trainning.
e. Mendata karyawan yang butuh trainning
khusus.
f. Membuat laporan rekapitulasi pelaksanaan
training dan evaluasi pelaksanaan untuk dikirimkan ke
direksi.